Rabu, 02 Desember 2015

Pengalaman Diet Turun 30 Kg dalam 4 bulan

Hai hai..Apa kabar ?? Hehe semoga semua dalam keadaan sehat sejahtera ya..

Kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman diet saya yang tumben sekali berjalan lancar dan awet. Kenapa saya bisa bilang begitu ? Karena memang sebelumnya saya tidak pernah bertahan lama menjalankan program penurunan berat badan. Setiap awal tahun selalu bikin "RESOLUSI LANGSING" tapi ga pernah tercapai, jangankan tercapai, memulainya pun tidak..hahaha (bangga beneeerr)

Kita lanjutkan. Nah pertanyaannya kenapa koq tiba-tiba akhirnya diet saya berhasil ? Ini semua berawal dari pagi hari pas ultah saya. Saya baru sadar klo umur saya udah 27 thn. Alamak udah 27 tahun dan badan masih big aja !! Ini masalah besar dalam hati saya. Ditambah dapat nasehat dari nyokap buat langsingin badan biar dpt jodoh (tetep ya ortu tuh ga lepas dari yg namanya jodoh). Saya juga mikir keras dan berandai-andai bagaimana penampakan saya klo langsing..haha

Akhirnya saya mulai searching2 di mbah google cara menurunkan berat badan. Jujur saya merasa pusing bacanya karena udh ribet, banyak persyaratan, bahan2nya juga gak familiar di kuping, dan ngerasa kyknya susah deh jalaninnya. Akhirnya saya coba diet ekstrim di akhir Juli 2015 yaitu cuma makan pepaya setiap hari dan makan nasi putih 2 sendok nasi plus sayur n lauk dan saya menjalaninya selama 1 bulan. Tapi saya tidak imbangi dengan olahraga. Berat awal saya adalah 115 kg (woww badan atau karung beras tuh??) Hasilnya ? Turun sie 8 kg dlm sebulan, tapi abis itu naik lagi gara2 patah hati pasca putus dari mantan plus ditolak gebetan. Hahaha akhirnya makan banyak lagi demi ngilangin stress dan galau (halah alasan doang hihi).

Tapi ada untungnya juga, saya jadi smakin terdorong untuk mempercantik diri biar tuh cowo2 nyesel udah depak saya !! Akhirnya tekad pun semakin menjadi-jadi. Mulai lagi deh cari solusi penurunan BB. Setelah melihat-lihat berbagai artikel, dengan berbagai macam pertimbangan, akhirnya saya memutuskan mengikuti program diet oatmeal, yaitu mengganti nasi putih yang selama ini saya makan dengan oatmeal. Cuma bedanya kali ini saya imbangi dengan olahraga, yaitu jalan cepat dan jogging.

Berikut ini saya berikan pola diet ala saya yang sudah saya sesuaikan dengan budget dan jadwal saya :
Jam 5   --- Minum air putih 1 gelas dan olahraga +/- 30-45 mnt (jalan cepat dan jogging) 
Jam 8   --- Minum air putih 1 gelas dan sarapan oatmeal sebanyak 4 sendok makan + 1 buah pisang
Jam 11 --- Minum air putih 1 gelas dan camilan buah (pepaya)
Jam 12 --- Makan siang pake oatmeal 4 sendok makan + lauk + sayur - air putih 1 gelas
Jam 14 --- Minum air putih 1 gelas
Jam 16 --- Minum air putih 1 gelas + camilan buah (pepaya)
Jam 18 --- Makan malam pake oatmeal 4 sendok makan + sayur + lauk + air putih 1 gelas
Jam 19 --- Minum air putih 1 gelas
Jam 20 --- Minum susu low fat 1 gelas

Nah saya juga membiasakan tidur yang cukup supaya lebih terkontrol nafsu makan. Karena kalau kurang tidur katanya bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang berdampak ke nafsu makan yang menjadi tinggi.

Diet ini berhasil saya jalankan sampai sekarang dengan hasil yang cukup memuaskan. BB saya dari 110 kg menjadi 93 kg dalam kurun waktu 3 bulan. Nah di akhir november kemarin saya ngerasa koq stuck ya, BB saya ga turun-turun lagi. Kebetulan ada yang share diet detoks di FB saya. Saya pun akhirnya mencoba lagi. Apa dan bagaimana polanya ? Nah ini saya jabarkan lagi.

Diet Detoks dari DR. Berlian Siagian (ijin share ya dok hehe). Diet ini dapat menurunkan BB sebanyak 5-8 kg dalam seminggu, namun yang perlu dicatat adalah bahwa diet ini hanya perlu dilakukan selama seminggu saja, dan hanya boleh dijalankan 1 kali saja dalam satu bulan. Saya sedang mencobanya dan sudah hari ke-6. Puji Tuhan BB saya sudah turun 5kg padalah baru hari ke-6 hehe..

Jadi gimana dietnya seperti apa? Nah ini nih cara dietnya..

Hari Pertama : Buah-buahan, kecuali pisang.
Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Buah yang disarankan adalah buah melon dan semangka.

Hari Kedua : Sayur-sayuran
Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran apa saja baik mentah maupun matang. Bisa ditumis, sup ataupun rebus. Tidak ada batasan jumlah maupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.

Hari Ketiga : Sayur dan Buah
Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi buah pisang.

Hari Keempat : Pisang dan Susu
Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain.

Hari Kelima : Daging dan Tomat
500 gram daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Hamburger dibolehkan. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi boleh diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

Hari Keenam : Daging dan Sayuran
Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging dalam jumlah yang tidak dibatasi.

Hari Ketujuh : Beras merah, Jus Buah, dan Sayuran
Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran.

Menurut pengalaman saya, sebaiknya diet ini dimulai di hari libur (Sabtu - Minggu) karena menurut saya di hari pertama dan kedua yang cukup berat karena pola makan kita berubah drastis. Jadi walaupun lemes yg penting di rumah aja (hehe). Diet ini sukses bangettt di saya. Hahah finally..so BB saya sekarang sudah 85 kg. Masih harus berjuang lagi hiks2..karena BB ideal saya dengan TB 165 cm seharusnya adalah 55 kg, tapi BB saya sudah mencapai 60 kg aja udah senengggg banget..amin doakan saya ya..

Saya kasih juga foto-foto before after saya dari awal mulai diet hingga hari ini..hehe biar pada percaya klo saya ini ga asal ngebacot aja..yihaaaa








Penutup dari saya, kalau memang ingin langsing kudu harus punya niat besar dan jelas. Tujuan saya juga memang pengen hidup sehat mengingat umur yang udah semakin bertambah hehe..buat yang mau menguruskan badan, saya doakan semoga berhasil ya..salam keep fighting dari saya !!

72 komentar:

  1. kalo lebih kurus pasti tambah cantik kaka
    makasih yah aku mau coba dietnya

    BalasHapus
  2. sekarang aja udah cantik banget... 😱😱😍 apalagi ntar... semangat kakaa.. 😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow senengnya dibilang cantik..pasti dong msh smangat utk diet lg..yeayyy

      Hapus
  3. Kak sy bisa minta pin bb g.. sy mau tanya2 soal diet oatmeal .. sy ingin sukses diet sprt anda

    BalasHapus
  4. Kak sy bisa minta pin bb g.. sy mau tanya2 soal diet oatmeal .. sy ingin sukses diet sprt anda

    BalasHapus
  5. Oatmeal rasanya gak enak kak :( gak sanggup kalo dikonsumsi selama berbulan bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo akusih oatmealnya dipakein susu hilo kan rendah lemak.. jadi rasanya jauh lebih enak hihihi

      Hapus
  6. Kak boleh aku bagi pin bb nya? Aku mau tanya" tentang diet kak.. Aku udh coba tp kebanyakan gagal jadi sedih:(

    BalasHapus
  7. Kak boleh aku bagi pin bb nya? Aku mau tanya" tentang diet kak.. Aku udh coba tp kebanyakan gagal jadi sedih:(

    BalasHapus
  8. Hai Klarissa, hampir 20 thn sy ganti2 metode diet & selalu sukses. Tp seiring bertambahnya umur, metabolisme makin lambat. Akhirnya diusia 49thn skrg ini, diet yg paling ampuh adalah diet oatmeal. Sehari bisa turun 1/2 kg, tp syaratnya jgn makan nasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat..gimana caranya mbak mona..sy gonta ganti diet.jelang 40 susah bgtbturunnya

      Hapus
  9. hai kakaaak.. semangat yaa diet nya! tambah lansing tambah sehat dan pastinya tambah cantik. cantik itu sehat dan bebas lemak!! fighting kakak cantiiik! biar yang depak kakak kemaren jadi klepek klepek. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip sip..hehe..skrg beratku sudah 75 kg,slama berbulan2 kmrn sempet naik lg (15kg naiknya hehe) gr2 hepi dpt pcr lg..wkwkwk..nanti kubagikan lg tipsnya ya..

      Hapus
  10. Hebat ..sy ikutan coba ya.mksh m klarisa infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2 mba..semoga sukses ya dietnya..keep fighting :)

      Hapus
  11. Wahhh makasih mbak tips nya akan saya coba. Doakan biar bisa sukses seperti mbak he he he

    BalasHapus
  12. Wahhh makasih mbak tips nya akan saya coba. Doakan biar bisa sukses seperti mbak he he he

    BalasHapus
  13. Untuk diet detoxnya bisa turun 5 kg.. juga diimbangi olah raga ya ...?

    BalasHapus
  14. Untuk diet detoxnya bisa turun 5 kg.. juga diimbangi olah raga ya ...?

    BalasHapus
  15. wow hasilnya keliatan banget. jadi iri. cara dietnya pake olah raga gak mbak?

    BalasHapus
  16. amazing hasilnya say..
    jadi semangat diet. aq jg lagi proses diet ini. uda seminggu turun 5 kilo.
    recomended menu dietNy.
    aq lg proses diet mayo.
    lama" bosen sama menuNy sampe males mau makan cuma minum sama makan buah aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo semangat dietnya, saya jg msh kejar target 60 kg, skrg sudah 76kg bb saya..

      Hapus
    2. Ayoo semangat dietnya, saya jg msh kejar target 60 kg, skrg sudah 76kg bb saya..

      Hapus
  17. Trus setelah itu pola makan kita gimana? Kembali seperti semul dengan nasi, lauk, sayur dan buah begitu? Trus porsinya bagaimana? Saya stuck di 51kg terus pasca melahirkan, mau turun jd 46 atau 47 saja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pola makan klo bisa tetap teratur ya, minimal kurangi nasi dan gorengan. Dan jgn lupa olahraga supaya metabolismenya tetep oke 😊

      Hapus
    2. Pola makan klo bisa tetap teratur ya, minimal kurangi nasi dan gorengan. Dan jgn lupa olahraga supaya metabolismenya tetep oke 😊

      Hapus
    3. Pola makan klo bisa tetap teratur ya, minimal kurangi nasi dan gorengan. Dan jgn lupa olahraga supaya metabolismenya tetep oke 😊

      Hapus
    4. Pola makan klo bisa tetap teratur ya, minimal kurangi nasi dan gorengan. Dan jgn lupa olahraga supaya metabolismenya tetep oke 😊

      Hapus
  18. mba mau tnya, diet detox kan hanya boleh dilakukan sekali dalam sebulan, lantas setelah diet detok seminggu itu, pola makan nya gimana ya? trimakasih

    BalasHapus
  19. makasih kak bakal aku coba , soalnya ak harus secepat mungkin nurunin berat badan sekitar 6 kg dlm 1 minggu ( gk kebayang ) wkwkwk , sebab ak bakal ikut turnament (silat) nah kalo kelebihan bert badan gk bakal dpat kelasnya jd ak d suruh nurunin berat badan :)

    BalasHapus
  20. Wah. Ini perlu dishare lebih luas nih sis.

    Sebagai Admin, ane mengundang sis untuk share
    pengalamannya ini di web blog berita ane di
    http://beritasantara.blogspot.com

    Monggo di share artikel pengalamannya di kategori
    "Kesehatan" di blog Berita Santara sis.


    atau kontak ane terlebih dahulu by form
    kontak di blog berita santara.

    Ane tunggu sis.

    Thanks.

    BalasHapus
  21. Kak waktu diet detoks kakak ada olahraga gqk kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. olahraga jogging seminggu 5 kali dengan durasi 30 menit per hari :)

      Hapus
    2. Aku udah try kakvit works 4-5 kg loh turunnya

      Hapus
    3. Kak putri dan kak klarissa diet detok itu nanti kalo uda selese dietnya 7 hari. Bb naik lagi gak ya ?

      Hapus
  22. Congrats dietnya berhasil.. Keep going. Kalo bsa share foto before after goal weightnya ya kakk.

    BalasHapus
  23. Salam dari Malaysia. Terima kasih share info ni. This motivate me to try :)

    BalasHapus
  24. Berat badan saya 110
    Tinggi 175
    Udah berbagai pola diet saya coba, tetapi naik turun2, gimana ya mbak motivasi saya terhadap diet berkurang karena hal cinta dan pesimis, akan tetapi saya jadi semangat lagi buat diet karena lihat postingan mbak, semoga mbaknya badanya ideal dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya pikirkan hal-hal indah sbg motivasi, contoh supaya gebetan melirik kamu, atau pacar jadi makin cinta, tp tetep paling utama tuh krn faktor kesehatan kita nantinya di hari tua :)

      Hapus
  25. Mbak itu sayurnya bening aja atau boleh pake garam?

    BalasHapus
  26. Mbak itu sayurnya bening aja atau boleh pake garam?

    BalasHapus
  27. kakak tingginya berapa? kakak jadi motivasi terbaik buat aku makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku tingginya 165cm dek..makasih ya udh baca blogku πŸ˜„

      Hapus
    2. Aku tingginya 165cm dek..makasih ya udh baca blogku πŸ˜„

      Hapus
  28. Waaaaah keren banged!:)
    Ditunggu update resultnya ya!
    Mau coba detox juga nih, wish me luck ^^

    BalasHapus
  29. Minta no WA donk, mau tanya2 diet oatmeal & detox nya. Tq. Gbu

    BalasHapus
  30. busedah., mirip bgt
    bb=115 tb=168 pernah diet ala" slama 3bln turun jd 85kg
    skrg sih jd 105 lg pfft.,
    ni lg jalan 3 hari, start lg ., =3

    BalasHapus
  31. Wah mau juga dong kak sayaa huhu ga kurus2. Btw kalo itu susu low fat nya di skip bisa ga kak?

    BalasHapus
  32. Semenjak menemukan artikel ini saya mencoba untuk melakukannya. Dan sekarang ini saya sudah berhasil turun beberapa kilo, yang awalnya 98kg menjadi 77 kg. Terimakasih kak atas informasinya

    BalasHapus
  33. ka selesai diet itu naik lagi ga bbnya ??

    BalasHapus
  34. Kak mau nanya iu oatmealnya kakak d campur pke apa ?soalnya kan oatmeal kaya serpihan' gtu

    BalasHapus
  35. Diet Detoks = Diet GM kan ka? Btw bener bgt tuh mending sabtu minggu mulainy aku kmrn coba ga kuat pas hari 1 sm 2 krn pas hari biasa . Thanks for sharing ya kak

    BalasHapus
  36. kak, sekarang udah berapa BB nya,

    Cantiikk lho kak di foto 85 kg nya...

    aq mau juga Ach... doakan ya...

    BalasHapus
  37. Thx utk infonya..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/alasan-mengapa-gowes-lebih-baik-daripada-diet/

    BalasHapus
  38. Kak aku ada saran coba minum fiforlif deh kak walaupun harga nya agak mahal tapi itu work BANGET , liat aja di google kak fiforlif ori

    BalasHapus
  39. Kak kalau hari ke 2 sayurnya boleh dimasak pakai penyendap ndak ..??

    BalasHapus
  40. Oat memang terbaik. Smnggu 4 kilo kehilangan berat badan. Tu pun kalau diet tak makan nasi. Just makan OAT je

    BalasHapus
  41. Ada yang bilang "jangan hnya berpikir akan melakukan nya, tapi lakukan saja " semoga saja , nanti klo diet saya work , saya akan kasih info di sini πŸ˜€πŸ‘Œ

    BalasHapus
  42. Kak..mau tanya kalau diet pakai oatmeal queker instant baik gk kak?...dan bagaimana caranya?

    BalasHapus
  43. Salam kenal kak, kakak memotivasi aku banget, aku jadi lebih semangat dietnya, biar sehat.

    BalasHapus
  44. Mystino: A Magic-powered online slot from Relax Gaming
    Mystino: γƒŸγ‚Ήγƒ†γ‚£γƒΌγƒŽ A Magic-powered online slot from Relax Gaming. This 5 reels, 3 rows and 1024 ΰΈ—ΰΈ²ΰΈ‡ΰΉ€ΰΈ‚้ΰΈ² m88 paylines slot game provides free dafabet link spins and

    BalasHapus